Tiga Kota, Dua Hati, Satu Cinta

cinta

Tak ada manusia yang mengetahui jalan hidupnya di masa depan. Kita hanya bisa memilih jalan yang akan kita lalui. Kemudian kita harus takluk pada liku jalan yang telah kita pilih. Apapun pilihan kita, yakinkan diri bahwa itulah jalan hidup yang mesti ditempuh. Jalani dengan optimis dan lakukan yang terbaik. Jangan pernah menoleh ke belakang untuk menangisi keputusan yang telah kita ambil.

Nenek moyangku pelaut dan pengembara. Ayah dan kakek saya dikenal sebagai pelaut ulung di kampung halaman dan telah menjelajahi hampir sebagian besar nusantara. Ketika aku masih kecil, Ayah sering meninggalkan kami untuk berlayar sampai berbulan-bulan. Mungkin darah pelaut dan pengembara itu ikut mengalir juga dalam denyutan nadiku. Sehingga ketika dewasa, salah satu obsesi saya adalah ingin merantau di negeri orang, kalau bisa mengelilingi nusantara.

Terjadilah apa yang saya alami sekarang. Tempat kerja di Aceh (PNS), istri dan anak di Sulawesi Selatan (dulu di Aceh juga), orang tua di Sulawesi Tenggara, sekolah di Surabaya. Salah satu akibatnya adalah harus menjalani cinta jarak jauh yang mahal di ongkos dan berat di batin. Mahal karena ongkos yang mahal untuk bertemu muka bila rindu tak tertahankan+ pulsa yang mesti unlimited, padahal dana very very limited.  Dahulu istri saya pulang pergi dari Makassar ke Aceh hampir tiap 3 bulan untuk menjenguk saya. Ongkos pesawatnya cukup berat :-). Kesepian yang kadang menyiksa dan berbagai masalah lain yang sering menimpa mereka yang menjalani cinta jarak jauh. Khawatir, cemburu, curiga, rindu, dan cinta berpadu jadi satu.

Rasanya bagai hidup di tiga kota. Walau saat ini sulit untuk meninggalkan kota Surabaya karena tuntutan kuliah yang mesti tetap berada di Surabaya. Namun saya berharap kedua hati yang tertaut  tak akan terpisah oleh jarak dan waktu. Cinta akan membuat segalanya tak berbatas.

Soerabaja, 28 January 2012

Iklan

2 Tanggapan

  1. benar sekali tuh min
    jodo,bagja,pati,cilaka hanya tuhan yang tahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: