10 Aplikasi Kedokteran Terbaik di Android

Aplikasi Kedokteran Gratis

Sebenarnya cukup banyak aplikasi kedokteran gratis di Android. Namun saya memilih 10 Aplikasi terbaik (versi saya) yang pernah saya coba di tahun 2011:

1. Medscape

Aplikasi ini terlengkap dan paling up to date. Mencangkup seluruh bidang kedokteran, referensi obat terlengkap sampai dengan pengecekan interaksi obat, kasus gawat darurat, dan berita dan obat atau trend terbaru di bidang kedokteran. Semuanya gratis. Kita tinggal sign up untuk mendapatkan akun gratis.

2. Skyscape

Aplikasi ini mirip dengan Medscape dengan penambahan kalkulator medis. Interface sedikit gelap. Referensi obat lumayan lengkap.

3. Epocrates

Sebenarnya aplikasi ini bagus. Namun hanya sebagian yang gratis. Selebihnya mesti bayar :-). 

4. WebMD

Aplikasi ini sepertinya ditujukan orang awam atau kalangan non medis. Bahasa dan istilah yang digunakan adalah bahasa yang mudah dimengerti oleh berbagai kalangan. Namun sayang, untuk mengaksesnya harus selalu terhubung dengan internet.

5. Current Medical Diagnosis and Teraphy (CMDT)
Aplikasi ini hanya merupakan kumpulan referensi kedokteran. Tidak sebagaimana Medscape dan Skyscape yang dilengkapi denan referesi obat. Cukup lengkap dan mencangkup semua bidang kedokteran.

6. IV Drug
Bagi mereka yang sering menggunakan obat parenteral, aplikasi ini penting untuk dimiliki. Obat yang mesti diberikan secara parenteral dijelaskan secara detail pada aplikasi ini. Mulai dari sediaan, dosis, cara mencampur, dan detail pemberian.
7. Merriam Webster Medical Dict.

Kamus kedokteran ini cukup lengkap. Keistimewaannya adalah adanya fasilitas suara untuk mendengarkan pelafalan yang benar dari suatu istilah. Menurut saya lebih bagus dibanding Kamus Dorland.

8. Pocket Atlas of Anatomy Dorland/Grays

Sederhana dan gratis, namun cukup untuk menjadi panduan mobile untuk mereview kembali anatomi tubuh manusia.

9. Qx Calculate

Dalam dunia medis banyak rumus atau formula untuk menentukan parameter beratnya suatu kelainan atau untuk menakar dosis obat yang akan diberikan pada pasien. Aplikasi ini menyediakan hapir semua jenis perhitungan medis yang ada. Tak perlu membuang waktu untuk memencet tombol kalkulator.

10. ICD Lite

Kode ICD Diagnosis dan Tindakan/Prosedur Medis sangat penting, terutama untuk menentukan besarnya biaya perawatan suatu penyakit atau tindakan medis yang dilakukan. Seorang dokter kadang diharuskan untuk menulis sendiri kode diagnosis dan tindakan yang ia lakukan. Aplikasi ini sangat membantu mencari lebih cepat kode yang dicari. Tak perlu lagi membolak-balik buku ICD yang tebal.

 

Related Post

Aplikasi Kedokteran di Android

Optimasi Android

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: