Pahala Visite Pasien

Visite pasien adalah salah satu aktivitas rutin dokter di rumah sakit. Istilah visite dinisbatkan pada aktivitas seorang dokter yang memeriksa dan mengevaluasi perkembangan pasien yang dirawat inap, termasuk rencana terapi dan pemberian obat. Secara harfiah visite = mengunjungi. Mengunjungi atau menjenguk orang sakit/pasien, memiliki banyak keutamaan dan mendapatkan pahala istimewa dalam pandangan Islam. Dokter yang menjual jasa di rumah sakit biasanya akan diberikan bayaran sesuai dengan level spesialisasinya. Jasa medis visite seorang dokter umum jauh berbeda dengan jasa medis seorang dokter spesialis konsultan. Residen atau PPDS biasanya tidak diberikan jasa medis untuk itu, selain ilmu dari pasien yang dipelajarinya dan pahala dari Allah azza wa jalla tentunya (jika dilakukan dengan ikhlas dan diniatkan untuk ibadah :-)).

Berikut beberapa hadits tentang keutamaan mengunjungi/visite pasien. Semoga petikan hadits ini memberikan siraman rohani dan kekuatan raga agar makin rajin dan serius visite pasien :-).

  1. Sesungguhnya orang yang menjenguk orang sakit itu akan dinaungi oleh Allah SWT dengan tujuh puluh lima ribu Malaikat. (R. Ath-Thabarani).
  2. Jika seorang menjenguk saudara sesama muslim diwaktu pagi maka akan dido’akan oleh tujuh puluh ribu Malaikat hingga sore, dan jika menjenguk diwaktu sore maka akan dido’akan oleh’ tujuh puluh ribu Malaikat hingga pagi. (R. Ahmad).
  3. Sesungguhnya Allah SWT berfirman pada hari qiyamat, “Hai.. anak Adam, Aku sakit, tetapi kalian tidak menjengukKU?”. “Ya Rabbi bagaimana aku menjenguk padaMu padahal Engkau Robbul Alamin (Tuhan semesta alam). Firman Tuhan : “Apakah anda tidak mengetahui bahwa hambaKu fulan sakit, dan anda tidak menjenguknya, apakah anda tidak mengetahui sekiranya anda menjenguk pada­nya pasti anda mendapatkan Aku padanya (pahalaKu yang tidak terhingga besarnya)”. (H.R. Muslim).
  4. Sesungguhnya seorang muslim, ketika ia menjenguk saudaranya sesama muslim, maka ia tidak henti-henti (terus menerus) dalam keadaan memetik – buah – di Surga sampai ia kembali (pulang)”. (H.R. Ahmad, Muslim dan At-Tirmidzi).
  5. “Apabila seorang laki-laki menjenguk saudara muslimnya (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Sorga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR: At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)
  6. Abu Sa’id al Khudri meriwayatkan, Rasullullah Saw bersabda “ Besuklah orang sakit dan antarkanlah jenazah, itu dapat mengingatkan kalian kepada akhirat ( HR Ahmad).
  7. Mu’adz bin Jabal Meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda,” Ada lima perkara, orang yang mengamalkannya salah satunya, dia pasti berada dalam jaminan Allah, yaitu, membesuk orang sakit, mengantar jenazah, berjihad dijalan Allah, mendatangi pemimpin untuk member saran-saran yang positif atau hanya duduk dirumah, namun tidak mengganggu atau diganngu orang lain”( HR Ahmad)
  8. Abu Hurairah dan Abdullah bin Umar meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda “ Allah pasti melindungi orang yang rajin membantu muslim lain dengan tujuh puluh lima ribu malaikat yang selalu mendoakannya. Selain itu, dia juga dicurahi rahmat hingga tugasnya selesai. Setelah selesai, Allah pasti akan mencatat untuknya pahala haji dan umrah. Allah juga akan menaungi orang yang membesuk orang sakit dengan tujuh puluh lima ribu malaikat. Setiap langkahnya dicatat satu satu kebaikan, dihapus satu kesalahan, dan derajatnya diangkat hingga dia duduk kembali. Ketika dia duduk, rahmat Allah senantiasa meliputinya. Semua itu terus terjadi hingga dia kembali ke rumahnya (HR. ath-Thabrani).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: