Aplikasi Kedokteran di Android

Aplikasi Kedokteran

Android sebagai OS yang paling muda diantara operating system yang lain mengalami kemajuan yang cukup pesat. Terutama dalam OS  smartphone dan tablet PC. Bahkan menjadi ancaman sangat serius bagi OS lama seperti Apple dan Backberry. Demikian pula dalam perkembangan aplikasi, baik yang tedapat dalam Android Market maupun dalam pasar gelap android. Tidak ketinggalan dalam aplikasi untuk dunia kedokteran. Bisa saja saja dalam waktu yang tidak lama mengalahkan jumlah aplikasi yang ada dalam Apple.

Sebagai ‘anak kuliahan’ dan hanya bisa membeli perangkat Android, sudah cukup banyak aplikasi yang bisa membantu :

1. Aplikasi pdf reader

Banyak aplikasi yang digunakan untuk membaca file pdf, namun yang paling populer adalah RepliGo Reader dan ezPDF reader. RepliGo Reader memungkinkan kita untuk memberikan ‘stabilo’, garis bawah, memberian catatan, atau memberi garis merah pada lembaran pdf. Bagi Anda yang suka membaca teksbook ambil memberikan stabilo atau garis bawah, aplikasi ini sangat cocok. ezPDF reader memungkinkan kita untuk mendengarkan teks pada lembaran pdf. Jadi bila tak ada waktu untuk membaca, gunakan fasilitas voice reading yang sudah terintegrasi dengan aplikasi ini. Saat beralih ke halaman lain, animasinya seolah-olah kita sedang membuka lembaran buku.

Beberapa Aplikasi Kedokteran di Android

2. Aplikasi reader untuk file chm dan pdb.

Kebanyakan textbook kedokteran dikemas dan kedua bentuk file diatas. Aplikasi favorit saya adalah Moon + Reader Pro, iReader, KingReader, dan iSilo. Aplikasi text-to-speech ada pada Moon + Reader Pro. KingReader bisa membaca kedua bentuk file di atas. iSilo hanya khusus untk membaca file pdb (palm).

3. Kamus kedokteran

Kamus yang paling baik meurut saya adalah Merriam-Wester Medical, menyusul BEIKS BEIKS Medical Dictionary, dan Dorland’s Medical Dictionary.

4. Atlas Anatomi

Ada beberapa atlas yang tersedia dalam Android Market. Namun yang cukup lengkap adalah Pocket Atlas of Anatomy. Atlas lain adalah Human Anatomy dan Visual Anatomy.

5. Referensi Kedokteran

Aplikasi yang mumpuni adalah Medscape, Skyscape, dan Epocrates. Tiap aplikasi ini juga disertakan referensi obat-obatan. Aplikasi lain yang cukup baik adalah Current Medical Diagnosis and Treatment (CMDT).

6. Drug Reference

Aplikasi yang khusus obat-obatan antara lain Current Pocket Drug Reference (CPDR), iPharmacy, dan I.V Drug.

7. Kalkulator Kedokteran

Kalkulator ini digunakan untuk mempermudah berbagai perhitungan medis yang mesti memakai rumus seperti luas permukaan tubuh, kreatinin klirens, kebutuhan cairan, dll. Aplikasi yang komplit adala Qx Calculate dan Medicalc.

8. Jurnal Kedokteran

Beberapa jurnal kedokteran telah menyediakan aplikasi Android untuk mempermudah akses dan pencarian jurnal. Diantaranya adalah PubMed Mobile, ScienceDirect, dan MedKnow.

Masih banyak aplikasi lain yang sangat berguna ntu mempermudah insan medis dalam menjalankan tugas atau memperdalam ilmu. Tinggal memilih mana yang sesuai denga kebutuhan dan kompatibilias perangkat yang dimiliki. Say Yes for Android !!! 🙂

Iklan

6 Tanggapan

  1. bisa diagnosa nggak? jadi periksa kesehatan diri sendiri biar nggak bayar ke klinik/

  2. Thanks infonya teman sejawat, kebetulan saya jg pake android. Itu banyak aplikasi yg hrs di unlock atau buy dulu, misal CMDT, atlas anatomi, Dorland.. Kalau punya unlock code nya, bolehkah minta? Hehehe
    Thx sblmnya

  3. nice info gan,,,
    salam kenal 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: