Sudut Liar Kota Surabaya

lambang kota surabayaSurabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Suasana kehidupan khas metropolitan. Kota yang seolah tak pernah tidur walau jarang macet. Menurut pengamatan saya, Surabaya merupakan kota terhijau sekaligus terpanas yang pernah saya singgahi. Kota yang juga menyimpan sudut-sudut liar perdababan manusia dan juga hal-hal liar lainnya. Beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi tempat makhluk-makhluk liar yang bersemayam di kota Pahlawan ini. Yups… itulah Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang diklaim sebagai kebun binatang terbesar di Asia Tenggara.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih terletak dalam kota Surabaya. Didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Saat libur saya mengajak istri melihat spesies lain ciptaan Allah yang berdomisili di kebun binatang tersebut. Lumayan sambil pacaran lagi dengan istri :-). Banyak pengunjung yang mengajak keluarga dan anak-anak mereka. Tempat ini cocok untuk mengenalkan kehidupan hewan pada anak-anak. Ada juga pasangan muda-mudi (sepertinya pacaran) di tempat ini. Mungkin mereka ingin agar cintanya disaksikan oleh satwa-satwa liar disini.

-)
Monyet di KBS… unik 🙂

Saat masuk, saya ditawari kacang tanah oleh penjual yang lalu lalang di sekitar pintu gerbang masuk. Saya pikir kacang tanah itu untuk makanan manusia (kebetulan saya sudah lama tidak pernah makan kacang tanah), ternyata kacang itu dijual khusus untuk makanan monyet dalam kebun binatang.. Saat saya mau makan, penjualnya senyum-senyum simpul.. apa saya mirip dengan pemakan kacang dalam kebun binatang ini?.. Istri saya hanya ikut terkekeh, setelah penjual kacang menjelaskan bahwa kacang itu memang dijual khusus untuk makanan monyet… hahaha…

Katanya ini Kambing
Katanya ini Kambing

Koleksi hewannya lumayan banyak. Mulai dari Onta, Jerapah, beruang madu, berbagai jenis monyet, sampai pada kucing rumahan. Banyak burung-burung yang dilepas bebas, namun sepertinya mereka sudah enggan meninggalkan area kebun binatang. Mungkin karena suasana hutan alami dalam KBS dan sekelling KBS adalah kawasan perkotaan. Fasilitasnya cukup lengkap.. Ada kebun binatang khusus anak-anak. Ada juga fasilitas Wi-fi dalam kebun binatang. Apa monyet-monyet disini bisa main internet ya? Gambar lambang Wi-finya kok pake monyet?

Hot spot untuk pengunjung atau utk monyet ?
Hot spot untuk pengunjung atau utk monyet ?
penjaga menara,sebatang kara
penjaga menara,sebatang kara
Ada Unta di KBS
Ada Unta di KBS
Menara pengintai satwa. Aman dari binatang buas..
Menara pengintai satwa. Aman dari binatang buas..
Kapan aku keluar dari penjara ini? Huh..
Kapan aku keluar dari penjara ini? Huh..

Kebun binatang ini sangat luas..Katanya sekitar 85.000 m2. Saya sampai pegal keliling seharian. Saat ini KBS bukan hanya sekedar tempat rekreasi saja, namun dipakai juga untuk penelitian dan pendidikan. Saya kira KBS sangat cocok untuk wisata keluarga, mengenalkan binatang pada anak-anak, melihat langsung satwa yang hanya ada dalam buku atau kita lihat di televisi, atau sekedar melepas penat setelah semingguan hanya melihat pasien saja.. beralih melihat makhluk lain yang juga butuh ‘dilihat’ 🙂

Iklan

Satu Tanggapan

  1. saia pernah kesana mas..
    tpi dah lama banget..uhhm.pas smp kalo g salah..
    tpi kasian juga ngeliat hewan2 yg terkurung gtu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: