Pulang Paksa

Tubuh ringkih itu tergolek lemah di atas ranjang pasien. Perutnya membuncit. Tulang pipinya menonjol pertanda kurang jaringan lemak. Raut wajahnya tidak sesuai dengan umurnya yang masih mudah namun terlihat sudah tua. Bisa karena proses penyakitnya. Namun bisa juga akibat tidak punya uang untuk membeli makanan. Keluarganya mengemasi barang bawaaan. Bersiap untuk pulang sebelum mendapatkan pengobatan apapun. Aku hanya bisa menyodorkan surat penolakan tindakan medis untuk ditanda tangani oleh keluarganya.

Pria malang ini harus ‘pulang paksa’ dan ‘terpaksa’ menolak tindakan medis yang diberikan karena tidak sangggup membayar biayanya.. Ini pasien yang kesekian kalinya mesti ‘pulang paksa’ karena tidak ada sanggup membiayai pengobatan.Pasien yang sudah masuk rumah sakit dan menolak tindakan medis apapun harus menandatangani surat penolakan sebagai bukti tertulis bila suatu saat terjadi apa-apa di kemudian hari.

Istilah pulang paksa dinisbatkan pada pasien yang menolak untuk dirawat atau diberikan pengobatan karena alasan tertentu, antara lain : tidak punya biaya, belum atau tidak setuju dilakukan tindakan medis setelah mendapat penjelasan yang cukup, atau minta pulang atas kemauan sendiri karena ingin dirawat di tempat lain. Alasan tidak punya biaya sepertinya masih menduduki posisi teratas untuk pulang paksa.Pada berbagai laporan pagi yang saya ikuti, pasien yang pulang paksa mayoritas karena tidak punya biaya pengobatan.

Sebenanya pemerintah sudah menyediakan asuransi bagi orang yang tidak mampu. Namun, sepertinya masih banyak yang warga yang belum sadar atau belum mengerti akan hal ini. Mereka baru akan mengurus asuransi kesehatan ketika sudah sakit atau tertimpa suatu kecelakaan. Mungkin para aparat pemerintah juga mesti pro aktif  ‘mendaftarkan’ para warganya yang kurang mampu agar tercatat sebagai peserta asuransi kesehatan. Sehingga diharapkan angka pulang paksa karena biaya ini bisa dikurangi.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. […] Read more… Kategori tulisan: Asuransi Kesehatan, Jantung, kesehatan, obat Post Tags: ayah, cerita-hati, download, februari, indonesia, islam, kategori-agama, kesehatan, pasien, politik, pulang-nbsppaksa, relaks, tentang-nbspsy, windows, ziddu120x90 Cancel Reply […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: