Kalender Putih

Kalender tanpa tanggal merahBeberapa hari yang lalu saya ditawari sebuah kalender 2010 dari sebuah jama’ah dakwah Islam. Setelah saya beli dan gantung di rumah, ada hal yang aneh dengan kalender tersebut. Saya mencari tanggal merah untuk mengetahui kapan liburan di tahun 2010. Namun saya tidak menemukan tanggal merah samasekali. Kok setahun gak ada libur? Bahkan hari ahadpun tidak diberi warna merah. Wah kalender gak jelas nih menurut pikiran saya.

Akhirnya pada pertemuan berikutnya dengan pengedar kalender itu, dia menjelaskan tentang kalender putih itu. Dia mengatakan bahwa bagi mereka sebagai jama’ah dakwah, tidak mengenal hari libur. Setiap hari tidak ada kata libur untuk berdakwah menyampaikan Islam dan mendidik masyarakat dengan syariah. Makanya kalender tersebut berwarna putih semua. Oo, begitu toh maksudnya.Wah.. luar biasa.. !!!

Hmm.. saya kembali tersadar akan satu kewajiban dalam Islam yang selama ini banyak diabaikan umat Islam, terutama saya sendiri, yakni kewajiban menyampaikan Islam atau berdakwah. Kewajiban ini menurut para ustadz bukan hanya kewajiban para ulama dan mereka yang tergabung dalam jama’ah dakwah tapi kewajiban seluruh umat Islam. Sesungguhnya setiap muslim membawa tugas untuk menyampaikan Islam kepada seluruh manusia,. Tanggung jawab dakwah adalah tanggung jawab semua muslim. Rasulullah SAW bersabda “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat”. Banyak dalil Al Qur’an dan Sunnah menunjukkan kewajiban berdakwah seperti dalam Ali Imran: 104, An Nahl: 125, Al Qashas: 87 dan Yusuf : 108.

Definisi dakwah terdapat dalam Surah An Nahl: 125, “Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Tuhanmu lebih mengetahui tentang siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Saya berharap kepada semua facebooker/blogger muslim untuk bisa saling mengajak pada kebaikan dan menasihati serta mengingatkan akan Islam dan kehidupan akhirat. Dan alhamdulillah, saya menemukan banyak blogger/facebooker yang seperti itu. Semoga kita semua tidak melalaikan kewajiban ini. Jadikanlah kompasiana ini sebagai salah satu sarana untuk mendulang pahala untuk bekal di akhirat kelak. Jika ada yang ingin masuk syurga, sebaiknya jangan lupa mengajak saudara yang lain dengan dakwah ini. Sangat egois mereka yang hanya ingin masuk syurga sendirian. Saya yakin bahwa semua dari kita tidak ada yg tidak ingin masuk syurga.

Sabda Nabi SAW: “Barang siapa mengajak kepada petunjuk, ia berhak mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala (orang yang melakukan) sedikitpun dan barang siapa mengajak kepada kesesatan ia berhak mendapat dosanya seperti dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun. (HR Muslim)

Iklan

3 Tanggapan

  1. subhallah…kadang-kadang manusia memang suka lupa atau sengaja melupakan….terima kasih diingatkan…salam

  2. makasih mas..kalo mas mw mnegingatkan..
    krn kadang2 saia lupa… 😦

  3. setuju.
    memang iman itu sering pasang surut.
    semoga Allah selalu menguatkan hati kita untuk slalu mengingat Dia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: