Populasi Muslim Dunia

Setelah membaca postingan Mas Minami tentang Muslim Demographics di Kompasiana, saya tertarik untuk mencari kembali bagaimana mapping umat Islam saat ini. Berikut beberapa penelitian dan berita yang menampilkan bagaimana populasi umat Islam saat ini :

  1. Hasil survei terbaru lembaga survei Amerika Serikat, Pew Research Center, seperti dikutip IslamOnline.net (9/10/2009). Jumlah umat Islam di seluruh dunia mencapai 1/4 total jumlah penduduk dunia (sekitar 1,57 Milyar). Mereka tersebar di Asia (20%), Eropa (5% atau sekitar 38 juta jiwa), Amerika (7 juta), dan kawasan lainnya. The Pew Forum on Religion and Public Life dalam laporannya baru-baru ini menyodorkan data tentang jumlah Muslim dunia melonjak hampir 100 persen dalam beberapa tahun ini. “Rata-rata di tiap negara bertambah dari semula 1 juta menjadi 1,8 juta penganut,” tulis laporan terbaru tentang riset yang dilakukan selama tiga tahun itu.
  2. Dalam situs Muslim Population Worldwide, jumlah penduduk Muslim di dunia saat ini sekitar 1,82 milyar jiwa dari 6,7 milyar total penduduk dunia (diolah dari berbagai sumber).
  3. CIA Fact Sheet mencatat, total penduduk Muslim dunia tahun 2009 adalah 1,66 milyar jiwa, jauh lebih besar dari perkiraan terbaru sumber lain yang menyebut angka 1.2 atau 1.3 milyar. Menurut data tersebut, meliputi Kristen 33.32% (Katolik Roma 16.99%, Protestan 5.78%, Ortodoks 3.53%, Anglikan 1.25%), Muslim 21.01%, Hindu 13.26%, Budha 5.84%, Sikh 0.35%, Yahudi 0.23%, Baha’i 0.12%, dan agama lainnya 11.78%. Penduduk yang tidak beragama (non-religious) 11.77% dan penganit ateis 2.32% (perkiraan tahun 2007).
  4. Monsignor Vittorio Formenti, yang menyusun buku tahunan 2008 Vatikan yang baru dikeluarkan, mengatakan bahwa umat Islam merupakan 19,2 persen dari penduduk dunia dan umat Katolik 17,4 persen. Jumlah umat Islam telah menyusul jumlah umat Katolik Roma di dunia, kata seorang pejabat tahta suci umat Katolik di Vatikan layaknya dilaporkan Reuters, Minggu (30/3/2008).
  5. NTV News pada tanggal 20 Juni 2004 dengan judul “Islam adalah agama yang berkembang paling pesat di Eropa” membahas laporan yang dikeluarkan oleh badan intelijen domestik Prancis. Laporan tersebut menyatakan bahwa jumlah orang mualaf yang memeluk Islam di negara-negara Barat semakin terus bertambah, terutama pasca peristiwa serangan 11 September. Misalnya, jumlah orang mualaf yang memeluk Islam di Prancis meningkat sebanyak 30 hingga 40 ribu dari tahun sebelumnya.

Perkembangan penting ini telah dikabarkan dalam Al Qur’an 14 abad yang lalu:

Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai. Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai. (QS. At Taubah, 9: 32-33)

Benar apa yang pernah disabdakan oleh Nabi sekitar 1400 tahun yang lalu. Diriwayatkan  dari Tqausan r.a Rasulullah SAW bersabda: “Akan terjadi, bersatunya bangsa-bangsa didunia menyerbu kalian seperti sekelompok orang menyerbu makanan”. Salah seorang sahabat bertanya: “apakah karena jumlah kami dimasa itu sedikit”. Rasulullah menjawab : “Jumlah kalian banyak tapi seperti buih dilautan. Allah mencabut rasa takut dari dada musuh-musuh kalian dan Allah menanamkan penyakit ‘wahan’ dalam hati kalian.” Lalu ada yang bertanya lagi :“Apakah penyakit ‘wahan’ itu ya Rasulullah?” Beliau bersabda : “ Cinta kepada dunia dan takut mati!”. (Silsilah hadist shahih no.958).

Walau kuantitas bukanlah segalanya, namun saya berharap perlahan namun pasti, kualitas umat Islam bisa meningkat  dengan adanya berbagai upaya ‘pencerahan’ yang dilakukan oleh kelompok-kelompok dakwah dan makin meningkat kesadaran ber-Islam para pemeluknya. Sehingga tidak hanya menjadi buih yang mudah dihempas kesana kemari, tapi bisa menjadi ombak yang menggulung indah dan menjadi telaga damai bagi setiap manusia.

Iklan

11 Tanggapan

  1. semoga bukan cuman kuantitas tapi juga kualitas umat islam juga berkembang

  2. Alhamdulillah 1/4 yang kang… salam kenal

  3. terimakasih telah berbagi info blog yg melecehkan agama tersebut, dan sudah saya laporkan

  4. Assalamu’alikum,
    Tentang blog yang melecehkan agama, mereka adalah orang-orang yang telah dikunci mati hatinya oleh Allah Swt. Sebagaimana tertulis dalam firman-Nya , “Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka dan penglihatan mereka ditutup Dan bagi mereka siksa yang amat berat.” (QS. Al Baqarah {2} : 6 & 7). Dan Allah Swt berfirman, “Demikianlah Allah mengunci mati hati orang-orang yang tidak (mau) memahami.)” (QS. Ar Ruum {30} : 59). (Dewi Yana)

  5. hmm.. Jadi ingat terjemahan hadits:

    “Kalian nyaris diperebutkan oleh umat-umat selain kalian sebagaimana makanan di sebuah tempayan yang diperebutkan manusia.”

    Para sahabat bertanya : “apa jumlah kita pada saat itu sedikit wahai Rasulullah?”

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Bahkan jumlah kalian pada saat itu banyak, akan tetapi kalian bagaikan buih, dan Allah akan mengangkat rasa takut kepada kalian dari dada musuh-musuh kalian, dan Allah akan menancapkan al-Wahn ke dalam hati-hati kalian.”

    Para sahabat bertanya : “apakah al-Wahn itu wahai Rasulullah?”, Rasulullah menjawab : “cinta dunia dan takut mati. ”[Riwayat Bukhari Muslim]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: