Lagu Zaman Sekarang Kebanyakan Patologis

Mbah SuripTadi malam saya sempat mendengar syair lagu Mbah Surip yang lagi naik daun itu. Saya melihat ada hal yang patologis disetiap tema nyanyian. Mungkin karena isi lagu yg patologis inilah yg menyebabkan lagu ini menarik dan hidup serta nyaman terdengar di hampir setiap telinga yg mendengarnya. Lagu aneh tapi menghibur. Beberapa syairnya gue bangets 🙂

Salah satu syair lagu yg nyantol benar di telingaku adalah :
Barang siapa yang ingin hidup awet muda,bahagia di dunia ini, kurangi tidur, banyakin kopi :-).. Ha.. Ha…Ha.. I love you full..Sebagai pecandu kopi, tentu saja saya sangat setuju. Hidup ini rasanya tidak indah kalau tidak ada kopi. Walau ukuran kebahagiaan bukanlah kesanggupan kita untuk menenggak kopi, namun kopi memang memberikan stimulus untuk ceria dan bahagia.

Ada pergeseran tema dan syair lagu tempo doeloe dengan lagu zaman sekarang. Kalau lagu zaman dulu kebanyakan bertema cinta suci dan kesetiaan dengan syair lagu yang puitis dan sarat nilai kesusatraan, tema lagu zaman sekarang banyak yang bergeser ke cinta semu, kekasih gelap, dan perselingkuhan serta dangkal dari nilai kesusatraan.

Menurut berita, sebenarnya lagu Mbah Surip ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu namun tidak ada dapur rekaman yang tertarik untuk memproduksinya karena mungkin pada saat itu syair-syair Mbah Surip masih dianggap edan, aneh, dan patologis bagi masyarakat sehingga tidak akan laku dijual. Namun seiring dengan masyarakat yg juga makin edan dan mengalami anomali perilaku, lagu Mbah Surip mendapat tempat yg lapang di hati mayoritas masyarakat.

Menurut saya lagu zaman sekarang ini banyak yang patologis. Apakah karena kondisi masyarakat yang telah mengalami proses patologis melahirkan inspirasi yang patologis juga? Saya agak khawatir lagu-lagu yang patologis ini akan makin memperberat perilaku masyarakat yang kebanyakan sudah sangat memprihatinkan. Semoga lagu-lagu “edan” hanya sebatas hiburan semata 🙂

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Saya sependapat dengan anda……tadi padi juga saya jalan jalan di jalan baru depok…. tiba tiba saya menemukan cd (meski bajakan) lagu EDANE album pertama… setelah saya dengarkan saya begitu menikmati dan menerawang masa sma saya,,, setelah saya bandingkan dengan lagu lagu sekarang ternyata kualitasnya jauh di atas lagu lagu sekarang…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: