Belajar untuk Mengajar

Salah satu program yg wajib dilalui ketika mengikuti pendidikan dokter spesialis di Unair adalah program MKDU yg katanya bertujuan untuk standarisasi ilmu para peserta PPDS yg berasal dari berbagai universitas yg kemungkinnanya memiliki standar yg berbeda.

Hari ini sy ikut kuliah “belajar mengajar” yg awalnya saya kurang berminat. Tp ternyata kuliahnya lumayan menarik. Calon dokter spesialis katanya harus bisa menguasai teknik belajar yg baik agar bisa menyelesaikan studinya dan  belajar untuk mengajar karena kemungkinan suatu saat nanti akan mengajar baik itu perawat, dokter muda, maupun pada sesama dokter spesialis. Ya.. sudahlah sy mmg wajib  ikut.

Untuk program “belajar” ternyata diajarkan lg mulai dari cara buat karya ilmiah sampe buat konsul. Pada program “mengajar” dikuliahkan mulai dari membuat GBPP/SAP, menyusun kuliah, buat transparansi sampai mengevaluasi mahasiswa. Wuiih.. enak jg.. Dulu sy pernah jadi dosen tp sgalanya hy berdasar naluri dan intuisi tanpa dasar ilmu sperti ini.

Menurut dosennya, kita tdk mesti harus mengetahui sgala sesuatu, tp kita harus menguasai apa yg seharusnya kita ketahui. Sepakat Prof… Dan yg paling mencengangkan pada daftar “kapan seorang PPDS dikeluarkan?”,nomor satu adalah “SELINGKUH”.. hehe. Katanya angka kejadian ‘penyakit’ tersebut cukup tinggi di kalangan PPDS 🙂 Sampai-sampai dibentuk suatu lembaga yang menangani masalah ini yakni Komite Anti Selingkuh. Kuliah yg agak membosankan unik, sy hy bisa menulis postingan ini di bangku belakang 🙂

Iklan

2 Tanggapan

  1. moga sukses deh buat belajarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: