Apakah JK akan Pulang Kampung?

Detik-detik penyontrengan makin dekat, mungkin sebentar malam sudah akan ada hasil perhitungan sementara pilpres 2009. Semua tim kampanye dan pendukung masing-masing capres berharap jagoannya akan lolos sebagai presiden atau paling tidak lolos di putaran kedua. Ada teman saya kemarin yang bela-belain pulkam hanya untuk nyontreng JK. Beberapa sms yang mengaku dari “aktivis Islam” juga ngajak untuk milih JK-Wiranto. Tadi malam juga saya terima sms yang mengaku sebagai “raja bandit” yg menganjak saya untuk nyontreng SBY. Mayoritas teman2 saya di Aceh apalagi yang mantan kombatan GAM katanya akan memilih SBY. Sepertinya ada ikatan emosional yang kuat antara mantan kombatan GAM dengan SBY.   Barusan saya ikut pooling capres pilihan di salah situs dan hasilnya Mega-Prabowo yang terbanyak. Para ulama di Jawa Timur beberapa hari ini berebut kharisma untuk menarik pendukung baik untuk JK maupun SBY. Hmm… segala kemungkinan bisa terjadi. Kita liat saja nanti…

Aneh dan ironis bila tidak menyontreng atau golput, tapi berharap yang akan pemenang adalah JK-Wiranto. Saya tidak mengharapkan JK pulang kampung, tapi mengharapkan beliau jadi presiden RI untuk 5 tahun yang akan datang.  Paling tidak bisa bertarung lagi di putaran kedua dan melihat beliau berdebat lagi dengan SBY tentang indomie yang bikin rambut saya keriting :-). Ada beberapa hal yang mendukung harapan saya seperti yakni :

  1. Jika melihat karakter seorang pemimpin maka JK yang paling ideal. Baru2 baru saya mengikuti pelatihan yang membahas kepemimpinan ideal. Ciri2 seorang pemimpin asertif dan climbers paling banyak dimiliki oleh seorang JK. Tegas, cepat, berani mengambil resiko, independen. SBY terlalu persuasif dalam mengambil keputusan karena mungkin ada perasaan tidak enak untuk bila menyakiti orang lain. Sehingga kadang terkesan gamang dan lambat dalam mengambil keputusan. Namun orang akan banyak yang menyukainya. Tapi kalau untuk seorang pemimpin bangsa kurang tepat kalo ciri khas persuasif seperti iu yang diterapkan. Lagipula ada indikasi bahwa beliau di bawah  dukungan Obama. Makanya bukan merupakan suatu kebetulan bila gaya kampanye SBY mirip dengan gaya kampanye Obama. Kalau Megawati saya tidak terlalu tahu. Kharisma kepemimpinannya sepertinya karena warisan dari Soekarno. Padahal menurut saya, pemimpin itu bukan dilahirkan, tapi pemimpin itu dibentuk. Apalagi dengan menampilkan Prabowo sebagai Soekarno kecil sampai-sampai cara berpakaian Soekarno dicontek oleh Prabowo.
  2. JK berani pasang pasang badan untuk menerapkan sistem ekonomi syariah, karena menurut beliau sistem inilah yang mampu bertahan di saat krisis. Walaupun bukan baru sebatas janji. Semoga saja Jusuf Kalla tidak mewarisi tabiat berjanji Golkar di jaman orde lama dan orde baru. Janji yang hanya tinggal janji. Saya berharap suatu saat nanti beliau juga akan menerima sistem Islam yang lain termasuk sistem politik pemerintahannya. Artinya JK kemungkinan besar sudah akan terbuka bila disodorkan konsep Islam yang lain.
  3. Saya alumni yang satu almamater dengan JK dan berasal dari daerah yang sama dengan JK. Jadi ikatan emsional itu ada. Sehingga saya cenderung ke JK.
  4. JK mengharapkan bangsa Indonesia ini mandiri, independen, tidak tergantung dan didikte oleh  bangsa lain. JK bahkan berani melawan hegemoni IMF. Harapan saya juga seperti itu, negara ini jangan sampai berada dibawah kontrol Amerika dan badan keuangan dunia seperti Bank Dunia dan IMF.

Seandainya JK bisa lolos ke putaran kedua, jalan untuk menuju istana kepresidenan akan makin lapang karena kemungikinan besar suara Mega-Prabowo akan ke JK-Wiranto. Makanya SBY sangat tidak mengharapkan JK lolos ke putaran kedua. Kalau nanti di putaran kedua Mega dan SBY yang beradapan, sudah bisa dipastikan SBY akan keluar sebagai pemenang hajatan ini karena suara Golkar kemungkinan akan banyak yang ke SBY. Tapi sepertinya sangat sulit untuk mengalahkan popularitas SBY untu pemilu kali ini. JK memang harus siap-siap untuk pulang kampung mengurus masjid dan pendidikan 🙂

Artikel terkait :

Iklan

2 Tanggapan

  1. he he kenyataan yg ditrima skrng JK malah kalah telak…pada awalnya saya pun mengira beliau akan jd pesaing SBY 🙂 tapi suara rakyat meghendaki lain….PULANG KAMPONG !!

  2. JK ternayata harus pulang kampung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: