Buah Simalakama

..Bila di makan ayah mati. Bila tidak makan
ibu mati..

Itulah buah simalakama. Aku juga tidak pernah melihat mana yang namanya buah simalakama itu.  Ada yang mengatakan bahwa buah simalakama adalah nama lain dari buah mahkota dewa. Buah ini berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit. Namun orang akan membuat tamsil makan buah simalakama bila dihadapkan pada 2 pilihan yang sangat sulit dan konsekwensi yang sama2 berat.

Hidup memang untuk memilih. Hidup harus bisa memilih. Banyak pilihan hidup yang sudah jelas. Memilih bahagia atau sengsara. Memilih syurga atau neraka. Itu sudah jelas. Namun terkadang kita sulit untuk memilih bila kita tidak punya standar yang jelas untuk menentukan pilihan. Dan setiap pilihan memiliki konsekwensi masing-masing.

Kesulitan memilih jodoh misalnya. Kadang saya melihat ada orang yg terlalu banyak pertimbangan yang melibatkan perasaan akan mempersulit diri dalam memilih. Padahal standar syariat sudah jelas. Banyak wanita yang menolak lamaran seorang lelaki dengan alasan yang tidak syar’i.  Belum mapanlah, kurang ganteng, belum siap nikah, kurang kaya de el el… Walaupun itu adalah alasan yang wajar dan maunusiawi.  Laki-lakipun demikian. Bagi sebagian pria mencari jodoh adalah mencari seseorang yang tampangnya harus mirip dengan artis idolanya. Hehe.. ada temanku yg minta dicarikan jodoh yg mirip Dian Sastro… walah…

Hmm… aku juga pernah dihadapkan pada 2 pilihan berat. Mengakhiri pengembaraan mencari ilmu untuk menguasai 4 elemen atau harus kembali ke kampung halaman mengikuti kemauan sang maha guru. Entahlah… Aku cenderung memutuskan untuk melanjutkan petualangan. Mumpung masih muda. Masih bebas. Kalo nanti sudah punya anak cucu, mungkin tidak akan bisa lagi seperti ini. Terbang bebas sampai sayap tak bisa lagi mengepak karena patah atau tersambar oleh senjata prajurit negara api.

Iklan

7 Tanggapan

  1. assalam..
    rada ketawa juga aq bacax…
    salam kenal ^^
    kunjungan balik sangat diharapkan

  2. paparan yang menarik untuk dibuat renungan 🙂

    udah masuk sby kan ?

  3. OK sukses unt study-nya…..jng lupa wapo unair, nasi gila, rawon setan, sate klopo dharmawangsa (unair), tahu tek2 dinoyo, lontong balap…dicicipi 🙂 biar energi unt belajar terpenuhi…he he

  4. Benar-benar buah simalakama. Sudah berkunjung gak kasih komentar, dibilang kurang menghargai. Mau comment gak ngerti. Nice….nice article. Salut. Salam takzim dan hormat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: