Politik Elektoral PKS, Politik Oportunis?

Ada hal yang patut dicermati dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yakni politik elektoral yang tergolong cerdas untuk pencitraan diri dan menambah dukungan suara pada pemilu 2009. Trik politik ini tidak dilakukan oleh partai lain. Bahkan mungkin tidak terpikirkan oleh partai lain. Ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh PKS, antara lain :

1. Menjadikan Soeharto sebagai pahlawan dan guru bangsa.
Hal ini dilakukan atas nama rekonsiliasi dan memaafkan dosa di masa lalu serta mengargai jasa beliau sebagai Bapak Pembangunan Indonesia. Walau tindakan ini mendapat kecaman banyak pihak, namun disatu sisi menguntungkan PKS. Orang-orang yang merindukan ‘Pak Harto berkuasa kembali’ akan merasa punya teman dan mendapatkan angin segar. Bisa saja mereka tertarik untuk memilih PKS.

2.Menjadikan tokoh dan sesepuh Muhammadiyah dan NU sebagai iklan politiknya.
Warga NU dan Muhammadiyah adalah target suara PKS. Jika PKS mampu menarik suara dari kedua kelompok muslim besar di Indonesia ini, pada pemilu 2009 nanti PKS bisa masuk dalam 3 besar.

3. Memberikan PKS Award kepada 104 tokoh muda versi PKS dan 8 tokoh wanita berpengaruh di Indonesia termasuk Mbak Tutut dan Megawati Soekarno Putri.
Target PKS Award selain memberikan apresiasi kepada para tokoh muda dan wanita Indonesia adalah untuk mendapatkan dukungan dalam pemilu nanti.

4. Merubah citra diri dari partai agamis menjadi partai agamis-nasionalis. Citra agamis mungkin dianggap akan kurang laku di pemilu 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: