Siapa Penyerang Mumbai?

Nama Deccan Mujahideen tiba-tiba saja terkenal setelah mengklaim diri kepada publik bertanggung jawab atas penyerangan di Mumbai (Bombay) yang menewaskan 150 orang dan menciderai 327 orang lainnya. Penyerangan ini terkesan profesional dan terencana. Ada pengamat yang mengatakan bahwa persiapan serangan ini paling kurang satu bulan. Pemerintah India menyatakan situasi ini sebagai perang.

Nama Deccan dikaitkan dengan sebuah dataran tinggi di bagian selatan India atau orang sering menamakannya daerah Hyderabad. Kemungkinan pertama para penyerang ini berasal dari Hyderabad. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa Deccan Mujahideen ada hubungannya dengan Indian Mujahideen atau bisa saja Deccan Mujahideen adalah nama lain dari Indian Mujahideen. Atau paling tidak punya hubungan bahkan mungkin saja merupakan organisasi dibawahnya. Menurut sebagian pengamat, serangan seperti ini hanya bisa dilakukan oleh Indian Mujahideen atau Lashkar-e Taiba. Bulan September 2008 Indian Mujahideen pernah memberikan ancaman penyerangan terhadap Mumbai.

Pendapat lain mengatakan serangan ini dilakukan oleh Laskar-e Taiba dari Pakistan yang berpusat di Lahore. Kelompok ini menginginkan agar India keluar dari Kashmir. Hal ini dibuktikan dari logat bicara dan pengakuan penyerang yang tertangkap. Ada bukti baru berupa kapal ikan yang mengedrop para penyerang kemungkinan besar berasal dari Pakistan.

Alasan penyerangan ini masih belum jelas. Apakah ini merupakan akumulasi kekecewaan dan kekesalan sebagian pejuang Islam pada pemerintah India yang selama ini membuat minoritas muslim India menderita? Kita masih ingat pembantaian 2000 umat Islam secara sistematis oleh militan Hindu tahun 2002 yang didukung oleh pemerintah. Para penyerang meminta pemerintah untuk membebaskan mujahidin yang tertangkap dan agar penindasan terhadap warga muslim dihentikan. Kemungkinan lain adalah serangan ditujukan untuk menghancurkan kepentingan negara asing terutama Amerika dan Inggeris yang menebar teror bagi umat Islam di seluruh belahan dunia. Hal ini dapat kita lihat dari tindakan para penyerang yang mencari warga Amerika dan Inggeris.

Atau bisa saja aksi ini adalah ulah para anak muda yang terinspirasi film A Wednesday atau Die Hard yang pernah dirilis oleh Bollywood. Karena para penyerang rata2 masih muda belia dan pola serangan mirip dengan film2 teror tersebut.

Allahu a’lam…

Iklan

2 Tanggapan

  1. Dok, KEsimpulannya apa yah?

  2. Kesimpulannya masih simpang siur….
    Katanya pemerintah Pakistan juga terlibat..
    Ada yang bilang Al Qaida…
    Yah ada2 aja… supaya ada alasan untuk terus memerangi umat Islam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: