Penyakit-penyakit setelah Lebaran

Sudah 3 tahun saya tidak mudik lebaran Idul Fitri. Dua tahun berturut-turut saya berjaga di Unit Gawat Darurat yang tidak pernah libur walau sehari. Ada bebarapa jenis penyakit yang biasa meningkat setelah lebaran. Berikut ini adalah gejala-gejala yang sering ditemukan :

1. Demam
Demam biasanya disertai pilek dan batuk serta pegal seluruh badan. Kalau ditelisik lebih lanjut pada orang dewasa mungkin berupa commond cold yang disebabkan oleh virus dan faringitis. Hal ini mungkin akibat daya tahan tubuh yang menurun akibat aktivitas yang telalu banyak baik untuk mempersiapkan lebaran maupun kelelahan bersilaturrahmi. Ibu-ibu mesti begadang untuk membuat penganan saat lebaran. Pada anak-anak selain flu biasa, kebanyakan adalah tonsilitis. Mungkin ini akibat banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin.

2. Sakit Perut
Sakit perut ini bisa berupa sakit maag (gastritis) ataupun kolik abdomen. Hal ini mungkin akibat makan dan minum yang tidak terkontrol saat lebaran. Mungkin banyak yang gemas pada makanan setelah sebulan berpuasa.

3. Diare
Diare mungkin disebabkan oleh pola makan dan minum yang tidak terkontrol juga. Banyak orang yang ‘khilaf’. Semua makanan dipaksa masuk ke dalam perut dan bercampur tidak karuan.

4. Sakit-sakit Badan
Hal ini terutama dialami oleh mereka yang kadar asam uratnya tinggi. Asam urat yang melonjak naik akibat mengkonsumsi banyak daging menyebabkan kambuhnya asam urat yang bermanifestasi pada nyeri dan benngkak pada persendian maupun rasa nyeri di bagian tubuh yang lain seperti otot paha dan betis.

5. Darah Tinggi.
Banyak pasien yang masuk ke UGD dean keluhan sakit kepala yang berat dan pening ternyata mereka menderita hipertensi. Bahkan ada yang stroke setelah lebaran. Pemicu utamanya kembali pada pola konsumsi makanan.

Iklan

4 Tanggapan

  1. weleh,saya kena yang nomor 1 dan nomor 3 tuh,gantian…:D

  2. kyknya kalo stroke tuh gak cmn masalah pola makan pas lebaran, bisa juga karena mikir duit buat lebaran kaleee….
    http://www.juragan-medis.co.cc

  3. semoga ilmunya bermanfaat. met lebaran ya!

  4. Selamat Hari Raya Idul FItri 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: