Lima Alasan untuk Golput

Sejumlah kalangan dan pengamat memprediksi bahwa golput akan meningkat di pemilu 2009. Apakah hal ini menunjukkan hal yang negatif atau positif bagi negara ini? Yg jelas bila makin tinggi angka golput, makin tidak kredibel suatu pemerintahan. Bagiku golput sah-sah saja di negeri yang menganut sistem demokrasi seperti negara ini.  Ada beberapa alasan rasional mengapa orang memilih golput :

1. Tidak ada yang kandidat yang pantas untuk dipilih. Seharusnya partai politik introspeksi diri mengapa banyak orang yg golput. Berarti calon yang mereka usung tidak menarik simpati rakyat. Demikian pula capres dan cawapres seharusnya menyadari, kalau tidak semua rakyat menyukai apa yg mereka tampilkan. Dari sudut pandang syariat Islam memang tidak ada yang pantas untuk dipilih karena semuanya baik caleg maupun capres hanya akan membuat dan menjalankan hukum selain hukum Allah. Semua capres dan cawapres sekuler.

2. Memilih tidak akan merubah atau memberbaiki keadaan bangsa dan pemilih. Jadi untuk apa nyoblos atau nontreng kalau hanya akan menguntungkan orang yang dipilih. Pemilu hanya membuang waktu dan uang saja. Keadaan kita begini2 saja. Bahkan makin terpuruk. Caleg hanya akan memperkaya diri sendiri, kesejahteraan rakyat kurang diperhatikan. Pergantian presiden tiap tahun ternyata tidak membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Makanya jangan cuma ganti pemimpinnya, tapi ganti sistemnya dengan sistem yang direkomendasika oleh sang pencipta manusia dan alam semesta yakni sistem Islam.

3. Golput adalah pilihan. Golput artinya memilih untuk tidak memilih. Bukankah dalam negara demokrasi semua orang bebas memilih, termasuk memilih untuk golput. Itu pilihan yang sah.

4. Tidak didaftar oleh panitia pemilih. Sampai saat ini saya belum pernah nyoblos di pemilu. Kalau tidak salah baru kali ini saya didaftar di desa. Padahal sejak tahun 1998 saya sudah punya hak pilih. Ini mungkin kelalaian petugas dan saya sendiri tidak antusias untuk masalah seperti ini. Namun sekarang sudah boleh pake KTP katanya. Beberapa teman kos saya tetap tidak bisa milih alias golput karena walaun ada KTP tapi mesti disertakan kartu keluarga. Tapi bagi sy sekali golput tetap golput.

5. Pemilu yang kita jalankan sekarang adalah bagian dari pesta demokrasi yang menurut sebagian ulama, demokrasi hukumnya haram. Saya mengikuti pendapat ini. Jadi untuk pemilu di negeri yang menganut demokrasi saya tidak akan pernah ikut 🙂

Iklan

4 Tanggapan

  1. Bagi saya selama ini Golput adalah pilihan yang terbaik, karena saya belum melihat pemimpin yang dapat dipercaya dapat merubah kondisi keterpurukan ke arah yang lebih baik. Hal ini terbukti banyaknya anggota DPR yang melakukan korupsi, main perempuan dan lain2 perbuatan negatif. Kalau sudah begitu buat apa kita memilih. Peningkatan jumlah Golput dari tahun2 sebelumnya semakin nampak, seharusnya ini merupakan sentilan atau mungkin tamparan bagi partai politik dan kader2 nya bahwa selama ini keberadaan mereka tidak disukai.

  2. Apa yang bisa diharapkan dari calon2 pemimpin yang akan bertarung dalam pilpres 2009 nanti ? daripada kita salah memilih pemimpin yang malahan akan menjerumuskan rakyat semakin dalam kejurang kemiskinan & lesengsaraan, serta kita dibebani rasa ‘bersalah’ karena turut serta memilih & mendudukkan dia di kursi tersebut, akan lebih bijak kalau kita memilih golput.
    Saya berpikir, karena itu saya GOLPUT…hidup GOLPUT !!

  3. […] Teratas Skandal Seks Angkatan Laut AustraliaFacebook untuk Windows MobileLima Alasan untuk GolputKronologi Lengkap Penangkapan dan Penganiayaan 4 Mahasiswa Indonesia di MesirPEMBUKTIAN MALPRAKTEK […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: