Perkelahian mahasiswa, ciri mahasiswa primitif dan jahiliyah

Sabtu kemarin terjadi perkelahian antar mahasiswa di Universitas Negeri Padang antara Fakultas Teknik dan Keolahragaan. Peristiwa seperti ini mencoreng dunia pendidikan dan bulan suci ramadhan. Mahasiswa yang sejatinya menjadi contoh figur masyarakat intelek dan modern yang mengedepankan logika dan nalar, ternyata masih sangat primitif. Walau saat ini bulan ramadhan, mungkin hampir semuanya sedang berpuad, namun mereka tidak sanggup menahan diri dan menaklukan gejolak amarah untuk berkelahi. Sungguh miris dan ironis.

Perkelahian antar kelompok dan suku seharusnya hanya kita temukan di zaman pra sejarah-zaman batu dan primitif. Atau minimal ada dalam masyarakat jahiliyah di zaman sebelum Rasulullah diutus. Namun, sebagaimna yang kita saksikan, perkelahian antar kelompok-fakultas di Universitas Negeri Padang menambah daftar cacatan hitam kehidupan mahasiswa. Di saat mahasiswa di negara lain sibuk berkompetisi dalam hal kepintaran dan keterampilan, sebagian dari mahasiswa kita masih sibuk mangadu otot dan kekuatan. Belum lagi kalau mereka merusak sendiri fasilitas pendidikan yang telah mereka bayar sendiri….

Iklan

3 Tanggapan

  1. Setuju Mas,

    Satu hal yang juga saya soroti adalah lemahnya mentalitas penelitian mahasiswa kita :
    http://rezaervani.wordpress.com/2008/09/19/mahasiswa-dan-mental-peneliti/

  2. Subhanallah …!!! subhanallah ….!!! subhanallah ….!!!!
    cobalah berfikir, sekarang ini bukan waktunya menyelesaikan sesuatu dengan otot tapi harus dengan otak …!?
    hanya orang-orang yang bodoh saja yang menggunakan kekerasan dan kemarahan,dalam menghadapi sesuatu ! bagaimana bangsa kita bisa maju kalau generasia bangsa nya saja masih belum bisa berfikir dengan otak dan kepala dingin? ayo sekarang kita tunjukkan bahwa kita mampu menjadi bangsa yang baik dan pintar yang bisa lebih maju. jangan malah mebuat jadi terpuruk.

  3. dasar mahasiswa goblok. masa mau dikatakan primitif ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: