Nuzulul Quran bagi Blogger

Pada setiap tanggal 17 Ramadhan ummat Islam di Indonesia memperingati Nuzulul Quran dengan ceramah agama, tabligh akbar, zikir, maupun acara khusus. Nuzulul Quran adalah malam diturunkannya Al Quran. Ada perbedaan pendapat di antara para ulama tentang penetapan tanggalnya. Sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’ )

Ayat yang pertama kali turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5 yang terjemahannya sbb :
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Ayat ini turun ketika Rasulullah sedang berkhalwat di gua hira. Malaikat Jibril menyuruh beliu untuk membaca, bahkan ada kesan bahwa Rasullah yang ummi(tidak bisa membaca) seolah-olah ‘dipaksa’ untuk membaca. “Iqra’ !” Bacalah ! Rasulullah menjawab “Ma ana bi qari” Saya tidak bisa membaca…

Walau saya bukan ahli tafsir, namun secara awam kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa dan ayat yang diturunkan pertama kali ini.

  1. Membaca adalah perintah yang pertama kali turun. Iqra’ (bacalah) tidak disertakan objek yang akan dibaca, berarti segala hal mesti dibaca, termasuk Al Quran tentunya. Hal ini sangat dipahami oleh para sahabat dan ulama-ulama terdahulu. Membaca adalah jendela dunia dan ilmu pengetahuan. Makanya tidak heran bila di zaman kejayaan Islam dahulu kala ilmu pengetahuan sangat berkembang, muncul banyak ulama dan ilmuwan Islam dan Islam jadi kiblat Ilmu pengetahuan.
  2. Membaca haruslah dengan nama Allah. Maksudnya bahwa apapun yang kita baca harus selalu disaring oleh wahyu ilahi. Segala hal yang bertentangan dengan wahyu tidak boleh dijadikan pegangan. Jangan sampai kita menjadi orang pintar seperti Karl Marx (Tokoh sosialis) namun menafikkan keberadaan Allah atau menjadi orang cerdik seperti Ulil Abshar Abdalla yang sering menelikung ayat-ayat Allah. Membaca tanpa nilai spritual akan melahirkan insan-insan sekuler. Mengakui Allah sebagai Sang Pencipta, namun menolak campur tangan hukum Allah dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Allah mengajar manusia dengan perantaraan qalam. Ada ulama yang mengartikan qalam sebagai pena. Pena berarti tulisan. Kita tidak bisa mempelajari Al Quran dan hadits dengan baik jika seandainya keduanya tidak dituliskan. Demikian pula dengan ilmu-ilmu lain. Ilmu para ulama kita bisa pelajari melalui kitab-kitab yang mereka tulis dan wariskan untuk kita. Apa jadinya jika seandainya semua tidak dituliskan. Mungkin akan banyak ilmu yang lenyap dari muka bumi ini.

Jadi, walau membaca dan menulis mungkin bukan merupakan budaya masyarakat muslim Indonesia, namun semoga dengan mendalami ayat yang pertama kali turun ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua. Saya melihat sudah ada tanda-tanda untuk memujudkan kebiasaan membaca dan menulis itu. Minimal menulis dan membaca sms :-). Blogger Muslim Indonesia telah menjamur dimana-mana. Harapan saya untuk para blogger : membaca dan menulislah dengan tetap menjunjung nilai spiritual kita sebagai seorang muslim, tetap beretika, dan semoga menjadi ladang dakwah.. Qurannya jangan lupa dibaca juga. Jangan sampai kita lebihh rajin memplototi blog daripada baca Quran.

Hidup blogger mUslim Indonesia….

Iklan

3 Tanggapan

  1. He..he..he… blogger jalan etrus, mbaca Quran jangan dilupakan

    Gitu ya…!:-)

    Salam

  2. hehe 91x….
    Iya Mas…..
    Sulit masuk ke blogya… Antivirus sy langsung memblokirnya. Ada script yang dianggap virus…

  3. salam kenal……tukeran link yukkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: