Hikmah Sunnah

Salah satu sifat manusia adalah ingin segera melihat hasil dan manfaat apa yang ia lakukan. Demikian pula dalam hal ibadah kepada Allah. Kadang kita tergerak untuk melakukan suatu perintah yg hukumnya wajib maupun mandub/sunnah bila manfaatnya tidak kita ketahui atau rasakan secepatnya. Ada bebrapa ibadah yang telah melalui penelitian ‘ilmiah’ ternyata bisa menyehatkan badan dan mengindarkan diri dari penyakit tertentu.
1. Puasa
Sudah cukup banyak kajian tentang puasa dan kesehatan. Semua menunjukkan manfaat yang positif untuk kesehatan, salah satunya mengurangi bahka mengobati sakit maag dan meningkatkan imunitas.
2. Sholat tahajud
Berdasarkan kajian neuroimunologi ternyata tahajud bisa menyehatkan badan, meningkatkan imunitas tubuh, memberikan kestabilan emosi, bahkan menyembuhkan penyakit.
3. Dzikir
Dzikir juga ternyata memberikan ketenangan bagi yang melakukannya. Ada yang mengatakan bahwa dzikir bi juga menyembuhkan penyakit tertentu.
4. Menghindari makanan dan minuman yang haram.
Alkohol bisa menyebabkan perlemakan hati bahkan sampai sirosis hepatis, daging babi ternyata mangandung cacing pita Taenia solium.

Namun bolehkah kita termotivasi melakukan suatu ibadah atas dasar asas manfaat ?Apakah kalau kalau manfaat ibadah tersebut dicabut kita masih akan tetap beribadah? Taat pada syariat harus mutlak, tidak perduli apakah ada manfaatnya ataupun tidak. Salah satu syarat diterimanya amalan adalah adanya keikhlasan dalam beramal. Ikhlas artinya kita melakukan atau meninggalkan sesuatu karena perintah dan larangan Allah semata. Bukan berfikir manfaat. Berfikir manfaat akan menggerogoti keikhlasan dan bisa berpengaruh pada tidak diterimanya amalan yang kita lakukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: