Split Personality

Very Idam Henyansah alias Ryan diduga melakukan pembunuhan berantai terhadap 11 korban. Tak ada yg menduga bahwa Ryan yg penampakan sehari-harinya ‘bersahaja’, bahkan menjadi guru ngaji tenyata adalah seorang pembunuh. Aku teringat pada film2 yang mengisahkan para psikopat atau penderita split personality. Ada penderita yg siang harinya berprofesi sebagai dokter tapi pada malam hari menjadi seorang pembunuh. Apakah Ryan menderita split personality atau tidak, tergantung pd hasil pemeriksaan psikologisnya. Namun kesimpulan sementara pihak kepolisian, Ryan membunuh karena faktor ekonomi, bukan karena kelainan jiwa.
Dalam ikmu kedokteran jiwa split personality masuk dalam kategori Multiple Personality Syndrom (MPS). Yakni keadaan dimana seseorang mempunyai beberapa kepribadian (subpersonality) dan masing2 kepribadian tidak saling mengenal. Bisa saja pada siang hari penderita MPS adalah seorang guru ngaji, namun pada malam harinya dia menjadi seorang pembunuh berdarah dingin. Namun pada saat penderita menjadi seorang pembunuh dia tidak mengetahui kalau dirinya adalah seorang guru ngaji. Jadi pasien MPS mengalami masa amnesia disaat beralih kepribadian.
Dalam DSM-IV2 MPS digolongkan dalam Gangguan Identitas Disosiatif (Disociative Identity Disorder ) atau gangguan identitas yg terbelah. Kasus ini memang sangat jarang, sehingga tidak banyak penelitian yg menerangkan ttg penyakit ini.
MPS biasanya dipicu oleh tindak kekerasan dilami di masa lampau. Paling sering karena kekerasan seksual. Namun biasanya MPS ini menghilang dengan sendirinya di usia 50 tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: